Berita Madina


Wakajagung H. Abdul Hakim Ritonga, SH, MH Resmikan Gedung SMAN 1 Naga Juang-Madina

penandatangan prasasti SMA Nagajuang1

Panyabungan –  Rakyat Madani

Wakil Jaksa Agung H. Abdul Hakim Ritonga SH, MH, Jum’at (14/08) meresmikan SMA Negeri 1 Naga Juang di Desa Banua Simanosor Kecamatan Naga Juang Kabupaten Mandailing Natal. Acara peresmian ini juga dihadiri Bupati Mandailing Natal H Amru Daulay SH, Kadis Pendidikan Madina  Drs. H. Musaddad Daulay, MM  beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakajung mengatakan, “Awalnya ia bersama keluarga datang ke Desa Banua Simanosor rencananya melakukan ziarah ke Makam orang tuanya. Lantas ia pun mendapat kabar dari saudaranya di desa Banua Simanosor bahwa Madrasah yang selama ini dibangun sudah selesai dikerjakan. Namun, Bapak Bupati tidak mau meresmikannya kalau tidak ada saya,  sehingga saya bilang kalau memang begitu permintaan Bapak saya akan meresmikannya”,

“ Peresmian SMAN I Naga Juang ini merupakan penghargaan yang sangat tinggi kepada saya karena  saya di ikutkan di dalamnya. Selain itu, juga nama Madrasah yang sudah selesai di bangun diberikan nama orang tua saya walaupun beliau telah tiada. Untuk itu saya ucapkan banyak terimakasi kepada semua pihak, mulai dari masyarakat Banua Simanosor, Pemkab Madina, tokoh masyarakat dan yang lainnya yang telah berperan aktif terlaksananya bangunan ini ”katanya Wakajagung.

“Untuk itu, marialah kita mamfaatkan bangunan yang sudah berdiri ini sebagai tempat mendidik putra-putri kita untuk menjadi orang yang berguna bagi usa dan bangsa. Mari kita anggap ini sebagai kepunyaan kita sendiri, mari sama-sama kita jaga, kita awasi”, tambahnya lagi.

Sedangkan Bupati Mandailing Natal melalui Dinas Pendidikan mengatakan, “ Latar belakang sekolah ini didirikan, mengingat jarak tempuh dari Kecamatan Naga Juang ke SMA di Ibukota Kabupaten mencapai kurang lebih 30 Km maka dipandang perlu melaksanakan pembangunan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas di Kecamatan Naga Juang ini.

Selain itu, Naga Juang merupakan  Kecamatan tersendiri yang berdiri sejak tahun 2007, juga menindak lanjuti keinginan masyarakat Kecamatan Naga Juang untuk memiliki Sekolah Menengah Tingkat Atas yang dibuktikan dengan keikhlasan masyarakat serta partisipasi yang tinggi dengan menghibahkan lahan pertapakan untuk pembangunan SMA di Kecamatan Naga Juang.

Jumlah siswa lulusan SMP Negeri 1 Naga Juang pada tahun pelajaran 2008/2009 sebanyak 80 siswa dan siswa tahun pelajaran 2009/2010 mencapai 96 orang siswa. Untuk memperdalam ilmu umum dan agama maka dibangunlah sekolah Madrasah dan sekolah tersebut diberi nama Madrasah Al-Maqun bersama dengan dibukanya SMA Negeri 1 Naga Juang”, ujar Musaddad.

Musaddad Daulay menambahkan, Gedung Madrasah Al-Maqun di dirikan bulan Pebruari 2009 dan selesai pada bulan Maret 2009. Gedung Madrasah ini juga yang dijadikan dulunya sebagai gedung sementara untuk menerima siswa baru untuk SMA Negeri 1 Naga Juang. Untuk kelancaran peruses belajar di SMA Negeri 1 Naga Juang dan Madrasah Al-Maqun Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melaui Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal telah menetapkan pejabat sementara Kepala sekolah untuk mengelola dan merawat gedung SMA dan Madrasah di Kecamatan Naga Juang ini,” katanya.

Awal berdirinya SMA Negeri 1 Naga Juang telah menerima murid baru sebanyak 98 orang yang semuanya berasal dari Lulusan SMP Negeri 1 Naga Juang. Sedangkan tenaga pengajar di sekolah ini diambil dari guru SMP Negeri 1 Naga Juang sehingga pada awal Agustus 2009 Bapak Bupati Mandailing Natal melalui Dinas Tekhnis telah menempatkan guru PNS sebanyak 5 orang, guru honor TKS sebanyak 3 orang dan Tata Usaha (TU) sebanyak 3 orang.

“ Pembangunan Gedung SMA N 1 Naga Juang pada tahun ini dimulai dengan 2 lokal ruang belajar dan 1 ruang Kepala Sekolah dan ruang guru dengan jumlah anggaran sebesar Rp 320.000.000,- yang sumber dananya diambil dari APBD Madina yang saat ini masih dalam tahap pelelangan/tender yang dijadwalkan akan dimulai pembangunannya pada awal September 2009 ini oleh pihak ketiga,”katanya Musaddad Daulay.

Sesuai dengan instruksi Bupati Mandailing Natal bahwa pembangunan ruang kelas baru, laboratorium dan perpustakaan akan dilanjutkan secara bertahap untuk memenuhi perangkat pembelajaran di SMA N 1 Naga Juang ini Dipandang dari segi asfek strategis dan aspek teknis peroses belajar mengajar di SMAN 1 Naga Juang ini telah siap sehingga kedepannya pendidikan di Kecamatan Naga Juang ini semakin meningkat,”katanya.

Sementara itu saya bangga dengan keinginan masyarakat yang sangat tinggi di Kecamatan Naga Juang ini untuk pembangunan di wilayah ini dimana masyarakat mengibahkan tanahnya untuk dibangun kompelek persekolahan.

“ Saya sangat berterimakasih kepada Bapak H. Abdul Hakim Ritonga, SH, MH, dengan kerelaannya yang tinggi beserta keluarganya menghibahkan tanahnya sekitar 3 Ha untuk diperuntukkan manjadi lahan perkantoran dan Sekolah sehingga kita dapat mendirikan gedung Persekolahan tingkat SMA di Naga Juang ini,”katanya. (Hendri Pulungan).


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: