Berita Madina


Tahun 2008, Kasus Malaria di Madina

DSCN0540

· Berobat ke Klinik Malaria Gratis

PANYABUNGAN-Rakyat Madani

Selama tahun 2008, kasus malaria di Kabupaten Mandailing Natal turun sebanyak 25,6 persen. Walaupun begitu, di tahun 2009 ini kita tetap melakukan pencegahan, baik ia melalui pengobatan gratis, pembagian kelambu dan penyemprotan”, ujar Kakan Penanggulangan Malaria Kabupaten Mandailing Natal Arifin Fauzi Lubis, S. Si, Apt, M.M kepada wartawan, Jum’at (29/05).

Arifin melanjutkan, ”Untuk tahun 2009 mulai bulan Januari sampai April kita sudah melakukan beberapa kegiatan untuk mencegah perkembangan malaria dengan turun langsung kedesa-desa, misalnya bulan Februari kita ke Sinunukan begitu juga untuk bulan Maret. Sedangkan bulan April kita di kecamatan Batahan tepatnya di desa Pulo Tamang, Desa Kubangan Tompek, Desa UPT Batahan dan II Adapun kegitan yang kita lakukan di sana berupa pengobatan gratis kepada warga, pembagian kelambu dan penyemprotan”.

”Untuk bulan Mei kita rencanakan ke Kecamatan Muara Batang Gadis dengan kegiatan yang sama. Kegiatan pencegahan malaria untuk tahun 2009 memang kita pokuskan di Pantai Barat tanpa ada maksud mengesampingan kecamatan lain. Ada beberapa alasan yang mendasar kenapa Pantai Barat yang menjadi prioritas kita, yaitu jauhnya Pantai Barat dari pusat kota jadi terkadang luput dari perhatian kita. Kemudian adanya permintaan masyarakat dan perkembangan malaria di daerah ini sifatnya merata”, ujar Arifin.

”Sedangkan untuk pembagian kelambu tahun 2009 di prioritaskan di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Panyabungan Barat, Panyabungan Selatan, Siabu, Hutabargot dan Batahan dengan jumlah kelambu 300 perkecamatan. Memang dari jumlah penduduk tidak sebanding dengan kelambu yang dibagikan, namun baru itulah kemampuan APBD kita. Selain itu, pembagian kelambu gratis ini kita utamakan untuk orang miskin, ibu hamil dan balita”.

Arifin menambahkan, tingkat indemi malaria yang tingggi di Kabupaten Mandailing Natal terdapat di tiga kecamatan, yaitu di Kecamatan Panyabungan Barat, Panyabungan Kota dan Siabu. Jadi kita akan terus berupaya mencegah perkembangan malaria di Kabupaten Mandailing Natal secara menyeluruh. Untuk tahun 2009 nanti kita juga berharap ada pembangunan klinik malaria tambahan yaitu di Tapus, Sinunukan dan Natal.

Kemudian, lanjut Arifin, bagi masyarakat yang ingin berobat ke Klinik Malaria atau test labortorium tidak dipungut pembayaran alias gratis. Jangan takut akan dikutip pembayaran, jadi kalau ingin memeriksakan diri silakan datang ke Klinik Malaria, kita akan layani dengan baik”, ujarnya.

Arifin juga menghimbau masyarakat agar sama-sama mewaspadai penyakit malaria, berprilakulah hidup bersih. Kemudian, masyarakat juga diharapkan jangan terpokus kepada bantuan pemerintah saja, tapi harus bisa mandiri. Sebab, kemampuan APBD kita terbatas (Lokot Lubis).


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: