Berita Madina


SMPN 2 Kotanopan Terapkan Perda Wajib Baca Alqur’an Terhadap Siswanya.

DSCN0872DSCN0803

Kotanopan-Rakyat Madani.

SMPN 2 Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal melaksanakan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Mandailing Natal No, 5 Tahun 2003 tentang “Pandai Baca Alqur’an Bagi murid Sekolah Dasar, Siswa SLTP, SLTA Serta Calon Pengantin. Bukan itu saja, SMN 2 juga melakukan test pelaksaan shalat fardu bagi siswa baru yang mendaftar di sekolah ini dan itu sudah kita laksanakan waktu penerimaan siswa baru yang di mulai tanggal 29 Juni-4 Juli baru lalu”, ujar Kepala Sekolah SMPN 2 Kotanopan Fakhruddin, BA, baru-baru ini.

Fakhruddin melanjutkan, penerapan wajib baca Alqur,an ini terhadap siswa telah kita mulai setahun yang lalu. Sebelum dimulai pelajaran setiap harinya, guru bidang studi yang masuk jam pertama akan menyuruh siswa membaca Alqur’an sekitar 5 -10 menin, kemudia baru pelajaran di mulai. Selain itu, setiap hari Jum’at mulai pukul 7.45-8.00 Wib kita juga mengadakan siraman rohani yang ustadnya di undang dari sekitar Kotanopan.

Terkait dengan test pelaksanaan shalat ini pada siswa baru, memang baru tahun ini diterapkan. Sedangkan bagi siswa yang tidak mampu mempraktekkan shalat dan bacaannya, akan diterima juga. Semua siswa yang mendaftar akan diterima. Tujuan test ini dilakukan agar kita tahu mengkelompokkan mereka, sebab tahun ini juga kita berencana memberikan les tambahan sore bagi mereka yang tidak bisa shalat dan mengaji, hal ini tentunya di luar les bidang studi yang di UAN kan”, ujarnya.

Tujuan penerapan Perda dan tes shalat ini bagi siswa baru, kata Pahruddin, tidak lain untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnyua, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, memiliki pengetahuan yang mandiri serta bertanggung jawab. Hal ini juga sesuai dengan Pendidikan Agama Islam di Indonesia berdasarkan UU No. 2 Tahun 1989, yaitu mewujudkan insan kamil atau muslim paripurna”.

“Kemampuan baca Alqur’an bagi siswa SLTP ini merupakan bagian pendidikan Islam yang memiliki arti dan strategi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam rangka menanamkan nilai-nilai iman dan taqwa bagi siswa. Jadi itulah yang mendasari kenapa kita melaksanakan baca Alqur’an ini dan test praktek bacaan shalat, selain penerapan Perda No. 5 Tahun 2003 tentunya”, ujar Fahruddin

Sedangkan prestasi sekolah ini menurut Pakhruddin sudah sangat banyak, namun tahun 2008 yang agak menonjol berhasilnya Bagus Muliadi meraih juara I dalam perlombaan olimpide Fisika tingkat Kabupaten Mandailing Natal, selanjutnya di utus ke tingkat provinsi. Kemudian, juara 1 Tenis Meja dalam kejuaraan Porseni Kabupaten Mandailing Natal. Prestasi terakhir yaitu Bagus Muliadi meraih peringkat nilai tertinggi dari seribu orang siswa yang testing di SMA Plus Multatuli, Sibolga. Alhamdulillah, mantan siswa kita berhasil meraih peringkat pertama dengan nilai tertinggi”, katanya.

Untuk meningkatkan kualitas sekolah SMPN 2 kedepan, Pakhruddin akan berupaya memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar,misalnya dengan pengadaan lattop bagi guru-guru. Meningkat penglembengan siswa dengan memperbanyak ekstra kurikuler, baik ia seni, olah raga, keagamaan dan lainnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas guru dalam mengajar, Fahruddin juga mengadakan pelatihan bagi guru-guru. Seperti Kamis minggu lalu, guru-guru SMPN 2 mengadakan pelatihan yang bertema “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru” yang bekerja sama dengan Lembaga Advokasi Pendidikan dan Etika Bangsa. Acara yang berlangsung satu hari penuh ini di hadiri semua guru-guru SMPN 2 Kotanopan. Sedangkan materi yang diberikan adalah Mendidik dengan Kuantum Ikhlas, nara sumber Ahmad Dayan Lubis, S. Ag dari Medan, Metode Pembelajaran, nara sumber Ridawati Lubis, S. Ag dari Medan, Sumber Belajar, narasumber Fauziah, S, AG dari Jambi dan Karya Tulis nara sumber Lokot Husda Lubis, S. Ag dari Medan.(Lokot Lubis).


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: