Berita Madina


Ratusan Warga di Tiga Kecamatan Terserang Penyakit Aneh

Panyabungan (Tabloid Rakyat Madani)

Ratusan warga di Kecamatan Bukit Malintang dan Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terserang penyakit aneh yang membuat warga tiba-tiba demam tinggi di serta penurunan stamina yang sangat derastis sehingga tidak bisa jalan akibat dari sendi-sendi pegal.

Falah (28) warga Desa Malintang Jae Kecamatan Bukit Malintang menuturkan, dirinya tiba-tiba saja jatuh dari kursi, padahal sebelumnya dia, masih merasa sehat sehingga penyakit yang aneh ini menuimpanya dan mengalapi pegal yang luar biasa sehingga seluruh sendi terasa terputus dan tidak bisa bergerak sama sekali dan tak obanya penyakit yang menimpa dirinya seperti stroke.

“ Penyakit ini sangat aneh dan ini bukan hanya terjadi pada diri saya sebab di klinik saya berobat, rata-rata penyakit yang di derita sesama pasien menuturkan kalau mereka juga sudah ikut terserang penyakit aneh tersebut sehingga di dalam satu rumah tangga sudah ada keluarga yang sakit akibat dari penyakit aneh ini,” sebutnya di aminkan sejumlah temannya.

Nurkumala Dewi (31) warga Desa Sihepeng Kecamatan Siabu juga menuturkan, hal yang sama dengan apa yang telah di derita warga yang ada di sejumlah desa lainnya sebab ratusan warga yang terserang tersebut mempunyai kelainan yang sama serta rasa sakit yang sama karena penularan penyakit ini sangat secapat sehingga menyerang setiap keluarga karean kemana kita pergi di waktu silaturrahmi do lebaran ini ada saja yang sakit dengan derita yang sama.

“ Disebut-sebut penyakit ini berasal dari nyamuk (cikungunya) namun kita tidak bisa memastikan sebab bukan kita ahlinya melainkan orang medis. Penyakit aneh ini tidak bisa dibiarkan berlama-lama sebab penyakit ini sangat cepat berjangkit dan menular dan seharusnya pemerintah melakukan tanggap darurat terhadap warga yang telah diserang penyakit,” katanya.

Lahmuddin (56) warga Desa Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara juga menyatakan, penyakit yang menimpa dirinya kali ini sangat aneh sebab datangnya secara tiba-tiba, kemana dirinya berobat di setiap klinik serta bidan selalu saja mereka katakana pasien yang dating mengalami penyakit yang sama sehingga dirinya berharap kalau penyakit ini ada obatnya serta penangggulanganya secara cepat dari pihak kesehatan.

“ Hingga saat ini belum ada terlihat inisiatif dari pemerintah daerah serta instansi terkait terhadap penangulangan penyakit menular secara mendadak ini di setiap desa. Padahal penyakit ini sangat ganas dan menyerang ratusan bahkan ribuan warga sudah terinfeksi oleh penyakit ini,” katanya.

Kepala Desa Malintang Jae, Amir Hamzah Pohan mengatakan, kalau penyakit ini sudah dilaporkannya terhadap pimpinannya agar di sampaikan terhadap Dinas Kesehatan agar dilakukan pogging demi untuk membasmi bibit penyakit yang ditulaskan oleh nyamuk tersebut.

“ Jangan sampai seluruh warga saya sakit sebab warga ini masih perlu untuk sehat  untuk kelancaran aktivitas masing-masing,” sebutnya.

Sementara, Kakan Maliria, Arifin Lubis mengatakan, sudah melaporkan hal tersebut kepada Bupati agar segera di tanggapi sebab selama ini pasien yang mereka terima di setiap klinik malaria 60 persen terserang penyakit cikungunya dan 40 persennya terserang penyakit malaria.

“ Kita tidak bisa melangkahi pekerjaan yang bukan pekerjaan kita sebab ini bagian dari Dinas Kesehatan sehingga mereka yang lebih pro aktif terhadap penyakit ini yang telah menyerang warga namun kita tetap melakukan koordinasi,” sebutnya.

Iskandar Hasibuan anggota DPRD Madina dari dapil V yang merupakan wilayah pemilihannya meminta, pihak pemerintah untuk segera turun tangan terhadap penyakit yang diderita oleh ratusan warga tersebut sebab penyakit ini telah meresahkan warganya.

“ Langkah awal dalam pemberantasan bibit penyakit serta pengobatan masyarakat harus secepat mungkin dilakukan mereka karena penyakit ini sangat berbahaya terhadap warga,” pintanya.(henri)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: