Berita Madina


PNPM Mandiri Di Madina Akan Disalurkan dalam Waktu Dekat

PNPM Mandiri Di Madina Akan Disalurkan dalam Waktu Dekat


Panyabungan – Rakyat Madani


Sebanyak 36 Milliar dana PNPM Mandiri pada tahun ini akan dicairkan kepada seluruh Kecamatan di Mandailing Natal, seperti yang dituturkan Kaban PMD Drs. Awaluddin Nasution yang didampingi oleh Penanggung Jawab Kegiatan Operasi (PJOKAP) di tim PNPM Mandiri Kabupaten mandailing Natal kepada wartawan, Jum’at (26/6) di rungan kerjanya.


Dikatakannya, tahun ini dana PNPM mandiri kita meningkat dari 10,7 Milliar pada tahun 2008 sedangkan pada tahun 2009 ini kita mendapat dana PNPM Mandiri sebesar 36 Milliar dengan perincian 29,1 milliar dari dana Pusat dan 6,8 Milliar berasal dari dana APBD Kabupaten Mandailing Natal.


“ Dari 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal ini akan mendapatkan dana PNPM Mandiri, tetapi tidak semua kecamatan mendapatkan dana yang sama. pasti ada perbedaannya tergantung kebutuhan daerah itu sendiri,” katanya.


Sampai berita ini di turunkan, dana PNPM Mandiri itu memang belum dicairkan kepada kecamatan, dikarenakan masih tahap sosialisasi kepada Masyarakat, agar masyarakat itu mengerti apa arti PNPM Mandiri itu sendiri.


“ Kita memberikan kebebasan kepada Masyarakat untuk membuat programnya sendiri, mulai dari perencanaan sampai kepada tahap pelaksanaan maupun tahap pengawasannya Masyarakat yang akan melaksanakan, pihak pemerintah hanya sebagai pasilitator saja, “kata Awaluddin.


Kepada Masyarakat yang mendapatkan dana PNPM Mandiri ini diharapkan agar dapat menggunakan dana yang diberikan pemerintah ini untuk melaksanakan pembangunan di desanya.  “ Dengan dikucurkannya nanti dana PNPM Mandiri ini maka masyarakatlah yang berperan aktif dalam pengelolaan dana tersebut mulai dari merencanakan apa-apa yang patut dibangun di desanya, termasuk yang mengelolanya dan mengerjakannya dan pengawasannya juga oleh Masyarakat itu sendiri,”katanya.
Dalam menggunakan dana PNPM ini ada keriteria yang boleh dipergunakan dan ada yang tidak. Pemerintah memang memberikan kebebasan kepada Masyarakat untuk penggunaan dana PNPM Mandiri, namun harus sesuai dengan jalur yang telah di tetapkan. “

Dana PNPM Mandiri ini dapat dipergunakan Masyarakat untuk pembangunan pisik yang bentuknya seperti Infrasturuktur yang sifatnya membangun Desa. Sebaliknya, dana PNPM mandiri ini tidak bisa dibangunkan kepada yang bersipat keagamaan,”tambah Awaluddin.


Sementara itu, Kepala Desa Malintang Jae, Amir Hamzah Pohan bersama LPM, BPD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, NNB dan ibu-ibu serta undangan lainnya melakukan muswarah desa, Kamis (25/6) malam terkait penggunaan dana PNPM yang akan segera dikucurkan ke desa tersebut.

Dalam rapat itu muncul saran-saran dari masyarakat kemana dana PNPM ini di gunakan, misalnya kelompok perempuan yang beranggotakan sepuluh orang bisa melakukan pinjaman untuk keperluan membuaka usaha.


“ Berbagai saran mulai dari sarana infrastruktur hingga modal usaha saling memberi dan ditampung oleh kepala desa untuk dijadikan bahan bila itu memang sangat mendesak,” sebut konsutan PNPM.


Sementara itu Pajar (52) salah seorang Masyarakat Desa Huraba I Kecamatan Siabu Madina yang desanya termasuk salah satu desa yang mendapat dana PNPM Mandiri tahun 2008 mengatakan, sangat bersyukur dengan dapatnya desa mereka dana PNPM Mandiri tahun 2008 sehingga jalan menuju perkebunan mereka yang selama ini tidak dapat dilalui oleh kenderaan roda 4 sekarang sudah dapat.
“ Mudah-mudahan desa kami dalam tahun ini mendapat dana PNPM Mandiri juga karena dana PNPM Mandiri ini sangat besar keuntungannya kepada masyaraka. Penduduk di desa kami khususnya para Ibu-ibu mendapat pekerjaan sebagai buruh harian di proyek PNPM Mandiri ini,”sebutnya.
Adil Lubis (42) Ketua PNPM Mandiri Desa Huraba II Kecamatan Siabu Kab. Madina tahun 2008 mengatakan, Dana PNPM tahun 2008 yang lalu sesuai dengan hasil rapat dengan Masyarakat maka kita bangunkan untuk pembangunan jalan keliling sehingga transportasi ke pelosok desa dapat terlalui dengan mudah, disamping itu juga kita masih dapat membangun jembatan yang menghubungkan Desa Huraba II dangan Desa Huraba I.
“ Dengan selesainya pembangunan jalan keliling yang didanai oleh PNPM Mandiri masyarakat menjadi senang dan berterimakasih kepada pemerintah karena dengan dana PNPM Mandiri itu jalan keliling Desa kami ini menjadi tidak berlumpur lagi,” katanya.(Hendri)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: