Berita Madina


Manasik Akbar Bagi Calhaj Madina.

DSCN1003

Panyabungan, Rakyat Madani.

Kantor Departemen Agama Kabupaten Mandailing Natal melaksanakan kegiatan Manasik Akbar (Taroddudi) bagi Calon Jemaah Haji (Calhaj) Madina tahun 1430 H/ 2009. Manasik Akbar ini berlangsung, Rabu (22/07) di ikuti 430 Calon Haji Madina  yang lokasinya dipergunakan di beberapa tempat di sekitar Panyabungan.

Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Mandailing Natal Drs. H. M. Adlin, M.AP mengatakan, kegiatan Manasik Akbar ini sengaja dilaksanakan agar Calon Jemaah Haji  memahami tentang tata cara pelaksanaan dan praktek manasik haji. Selain itu, untuk meningkatkan pemahaman ilmu dan amalan manasik haji, mewujudkan calon jemaah haji yang mandiri serta memperat rasa persaudaraan di antara Calon Jemaan Haji”.

Kandepag melanjutkan, “Jadi bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam Manasik Akbar kali ini persis seperti apa yang akan dijalani dan dilaksanakan para calon haji kita nantinya di Makkah, misalnya mulai berangkat dari rumah sampai  turun dari pesawat sampai kepada kegiatan haji lainnya. Jadi dalam kegiatan ini kita memakai beberapa tempat, mulai dari Bandara Bukit Malintang (di ibaratkan bandara King Abdul Aziz Jedah) sampai kepada Tawaf Ifadah ( Lapangan Bola Dalan Lidang). Apa yang dilakukan dalam manasik ini persis seperti apa yang dilakukan di Makkah yang berbeda hanya masalah waktu”.

Kegiatan manasik ini di mulai ukul 07.00 Wib, para Calhaj berkumpul di Bandara Bukit Malintang yang di anggap sebagai Bandara King Abdul Aziz Mekkah, di sini para Calhaj akan  berpakaian ihram, shalat sunat ihram sekaligus berniat umroh dan haji. Pukul 08.00 Wib jemaah Calhaj berangkat dengan naik bus menuju Makkah/Maktab yang lokasinya di Lapangan Bola Dalam Lidang. Sedangkan Masjid Toriqotul Jinan yang terdapat di samping lapangan sebagai Masjidil Haram. Para Calhaj di sini akan melakukan kegiatan Tawaf Umroh bagi Haji Tamattu’, Tawaf Qudum bagi Haji Ifrad dan Sa’i.

Kemudian pukul 10.00 Wib berniat haji dan berangat menuju Arafah (Lapangan Aek Godang). Di tempat ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan, mulai dari bimbingan dan arahan dari Amirul Haji oleh Bupati Mandailing Natal H. Amru Daulay, SH dan Khutbah Arafah oleh Tuan Bais dan selanjutnya Wukuf di Arafah.

Pukul 11.20 jemaah Calhaj berangkat menuju Muzdalifah (Komplek Perkantoran Paya Loting). Di sini Calhaj akan bermalam di Musdalifah dan mengambil batu untuk melontar jumrah di Mina. Pukul 12.00 Wib menuju Mina (Pondok Pesantren Purba Baru) untuk melontar Jumratul Aqabah, Ula, Wustha dan Aqabah. Pukul 14.00 Wib kembali ke Mekkah (Lapangan Bola Dalan Lidang) untuk melakukan Tawaf Ifadah”, kata Kandepag.

Sedangkan pelaksana dan pembimbing rombongan ! H. Mahmudin Pasaribu, rombingan II, H. Hasanuddin, rombongan III, H. A. Syaukani, Lc, rombongan IV, H. Zulkarnaen, rombongan V, Hj. Arfah Juariyah, rombongan VI Drs. H. Aspan Karim Dlt, rombongan VII H. Sabirin Rangkuti, Lc, rombongan VIII, H. Anwar Budi, rombongan IX, H. M. Sofyan, Lc, rombongan X Hj. Hamidah. (Lokot Lubis).


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: