Berita Madina


Kandepag Madina Adakan Kegiatan Persami dan Tabligh Akbar

Aslin Damanik.

Panyabungan, Rakyat Madani.

Kantor Departemen Agama Kabupaten Mandailing Natal mengadakan kegiatan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) dan Tabligh Akbar yang ditempatkan di pinggir Pantai Batahan, Kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, mulai Sabtu-Senin (18-20 Juli) dengan jumlah peserta sebanyak 1560 orang yang berasal dari sekolah Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah Negeri/Swasta di lingkungan Kandepag Madina.

Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Mandailing Natal Drs. H. M. Adlin, M.AP saat di hubungi mengatakan, ”Selama ini sepertinya belum ada kesamaan  kegiatan di antara Pesantren-Pesantren di Madina, jadi diciptakanlah kegiatan Persami dan Tabliq Akbar ini. Selain untuk mempererat ukhwah islamiyah di antara peserta, juga menambah wawasan di bidang ke pramukaan, sportifitas, kesederhanaan, keagamaan, seni, olah raga dan juga memamfaatkan waktu libur yang berturut-turut sampai tiga hari”.

Kandepag menambahkan, ”Ada istilah yang mengatakan, Anak Bukanlah Bejana yang Harus di Isi, Tetapi Lampu yang harus di Nyalaka. Ungkapan itu mengisyaratkan bahwa seorang anak  atau peserta didik tidak cukup hanya disuguhi dengan sejumlah konsep ilmu pengetahuan, tapi lebih dari itu harus di sediakan sarana untuk mengaflikasikan ilmunya, mendemontrasikan keterampilannya atau pengembangan diri dan pengembangan karakternya. Hal ini sejalan dengan  ranah pendidikan yang dikenal dengan sebutan kognitif, afektif dan psikomotorik”.

”Jadi anak tidak hanya cukup menguasai konsep ilmu eksakta dan ilmu sosial, tapi harus memiliki kemampuan dan keterampilan untuk bekal di masa depan. Bekal itu antara lain kemampuan di bidang  pramuka, olah raga, agama  dan seni sebagai salah satu rumpun ilmu pengetahuan yang sangat urgen mewarnai kehidupan atau kesiapan mental, kebiasaan hidup dalam kesederhanaan untuk modal awal menghadapi kemajuan zaman. Jadi, selain sebagai wahana pembentukan sportifitas, ketangkasan, kemandirian di kalangan siswa-siswi, juga kegiatan ini sebagai persiapan ke Pramukaan di even-even  yang lebih besar”, ujarnya.

Kegiatan Persami ini juga di isi dengan beberapa kegiatan,  mulai dari perkemahan, pendidikan dan pelatihan tekhnik ke pramukaan, penampilan dan pertunjukan pengetahuan keterampilan ke peramukaan, kreasi seni, olahraga  dan  ke agamaan. Kemudian juga akan di buat penilaian kemah terindah, pasukan paling rapi dan pertandingan olah raga berupa volli ball, tenis meja, badminton. Sedangkan di bidang seni dilaksanakan pertandingan tari kreasi dan juga syiar keagamaan (tabliqh) peringatan Israk Mi’raj Nabi Muhammad SAW”, kata Kandepag.

Terkait dengan peserta, lanjut Kandepag setiap madrasah atau pesantren di Madina mengirimkan dua regu putra/putri yang setiap regunya berjumlah 12 orang. Peserta sengaja kita batasi karena ukuran lapangan kurang mengizinkan, hanya sekitar 2 hektar. Selain peserta dari siswa madrasah dan pesantren, Persami ini juga akan di ikuti pegawai Kandepag Madina, Kapolres Madina AKBP Drs. Engkos Kosasi, SH, MBA beserta keluarga dan 30 orang anggota kepolisian, beserta Komandan Batalyon Mangga Dua ditambah 2 orang pembina setiap regunya. (Lokot Lubis).


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: