Berita Madina


Anggota DPRD Madina Priode 2009-2014 Dilantik.

Panyabungan-Rakyat Madani.

Sebanyak 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mandailing Natal, priode 2009-2014,  Rabu (02/09) bertempat di Gedung Sidang Paripurna  DPRD Madina resmi dilantik sekaligus di ambil sumpahnya  oleh Ketua Pengadilan Negeri Panyabungan H. Irwan Effendi, SH, MH.

Acara Rapat Paripurna Istimewa pengucapan sumpah anggota DPRD Madina ini di mulai  pukul 10.00 Wib,  di awali dengan pembukaan Rapat Paripurna Istimewa oleh Pimpinan DPRD Madina Aflan Qadafi, SH. Acara yang cukup hidmat ini di hadiri Bupati Mandailing Natal, H. Amru Daulay, SH, anggota DPRD priode 2004-2009 dan 2009-2014, Kapolres Mandailing Natal AKBP Drs. Engkos Kosasi, SH, MBA, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala Dinas dan SKPD, KPUD Madina, undangan Partai Politik, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya.

Aflan Qadafi, SH dalam pidatonya saat pembukaan Rapat Paripurna tersebut mengatakan, “ Hari ini (Rabu/02/09)  merupakan hari yang sangat bersejarah bagi masyarakat Mandailing Natal karena berlangsung pelantikan anggota DPRD hasil pemilihan umum legislatif masa jabatan 2009-2014. Di hadapan kita telah hadir 40 anggota dewan yang mewakili lima daerah pemilihan di Kabupaten Mandailing Natal”.

“ Pengambilan sumpah pada hari ini merupakan tindak lanjut hasil pemilihan umum legislatif di daerah Kabupaten Mandailing Natal yang ditindak lanjuti oleh Komisi Pemilihan Umum dengan Surat Keputusan Nomor :270/30/KPU-MN/VII/2009, tanggal 03 Juli 2009 tentang penetapan hasil perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Mandailing Natal masa jabatan 2019-2014. Selanjutnya, KPU Propinsi Sumatera Utara merekemondasikan kepada Gubernur Sumatera Utara melalui surat nomor :270-3742/KPU-SU, tanggal 14 Agustus 2009 perihal rekomendasi peresmian keanggotaan DPRD Mandiling Natal untuk segera menerbitkan surat keputusannya”, kata Aflan.

Aflan melanjutkan, “ Melalui tahapan administrasi sebagaimana disebutkan di atas, maka berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor : 170/3437/K/Tahun 2009, tanggal 31 Agustus 2009 tentang pemberhentian anggota DPRD Kabupaten Mandiling Natal masa jabatan 2004-2009 dan pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Mandailing Natal masa jabatan 2009-2014”.

Jadi itulah sekilas perjalanan proses yang ditempuh baik secara fisik maupun administrasi yang begitu panjang serta penuh dengan tantangan untuk  menuju lembaga legislatif DPRD Mandailing Natal yang kita cintai untuk mengemban amanah rakyat dalam mencapai masyarakat Madina yang madani. Sebagai tindak lanjut surat keputusan Gubernur Sumatera Utara tersebut, maka pada hari ini Rabu tanggal 02 September 2009 di adakanlah pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Madina priode 2009-2014”, kata Aflan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Gubernur Sumatera Utara tentang pemberhentian  anggota DPRD Madina priode 2004-2009 yang kemudian dilanjutkan pembacaan surat keputusan Gubernur Sumatera Utara tentang pengangkatan anggota DPRD Madina priode 2009-2014 oleh Sekretaris Dewan Drs. H. Muhamad Yusuf, M. Si dan pengucapan sumpah anggota DPRD terpilih oleh Ketua Pengadilan Negeri Panyabungan  H. Irwan Effendi, SH, MH.

Setelah itu baru penandatanganan berita acara pengucapan sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Panyabungan. Sedangkan dari perwakilan anggota DPRD Madina yang baru di sumpah diwakili oleh Binsar Nasution, A.md dan selanjutnya petugas rohaniawan. Kemudian acara dilanjutkan dengan penetapan pimpinan sementara Ketua DPRD Madina  As. Imran Khaitamy Daulay, SH dari Partai Golongan Karya, sedangkan wakil ketua sementara Safaruddin Ansyari Nasution (Todong)      dari Partai Demokrat.

Bupati Mandailing Natal H. Amru Daulay, SH, dalam sambutannya mengatakan, “ Pemilihan umum anggota Legislatif tanggal 09 April 2009 lalu telah dilaksanakan dengan baik dan sempurna. Hal ini sebagai bukti keberhasilan seluruh masyarakat Mandailing Natal melaksanakan pesta demokrasi dengan memilih 40 orang anggota DPRD Madina masa jabatan 2009-2014. Perlu kita maklumi, adapun partai politik yang berhasil mendudukkan wakilnya di DPRD Madina adalah Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Barisan nasional, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Matahari Bangsa, Partai Demokrasi Kebangsaan, Partai Republik Nusantara, Partai Pelopor, Partai Golongan Karya, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Bintang Reformasi dan Partai Demokrat”.

Bupati melanjutkan, “ Sebagaimana ketentuan dalam undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah mempunyai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan dan mempunyai hak interplasi dan menyatakan pendapat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.”

“Sesuai dengan  ketentuan juga, hari ini juga sekaligus dilaksanakan pemberhentian anggota DPRD Madina priode 2004-2009. Dan dilaksanakan pengambilan sumpah dan peresmian anggota DPRD masa jabatan 2009-2014 dan kepada anggota dewan yang telah selesai masa jabatannya kami atas nama pimpinan pemerintah daerah, pribadi dan seluruh masyarakat mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas pengabdian, kerja sama dengan pemerintah daerah selama ini dalam rangka mewujudkan kesejahteraan kepada seluruh masyarakat Madina. Doa’ kami semoga amal bakti dan pengabdian saudara-saudara menjadi amal baik yang kita harapkan balasannya di Yaumul Mahsar”.

Selanjutnya, tambah Bupati, “ Kepada DPRD masa jabatan 2009-2014 yang baru dilantik dan diambil sumpahnya dan peresmian anggotanya beserta kelurganya kami ucapkan selamat dengan harapan marilah sama-sama kita jalin kerja sama yang baik untuk percepatan pembangunan di semua sektor sesuai dengan harapan seluruh lapisan masyarakat”.

“Kepada seluruh masyarakat Mandailing Natal kami harapkan marilah kita tingkatkan persatuan dan kesatuan dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Mandailing Natal dan marilah sama-sama kita berikan bantuan kepada anggota dewan yang terhormat sehingga asfirasi masyarakat dapat diserap dan disalurkan sebagaimana ketentuan”, ujar Bupati.

Acara terakhir pemberian ucapan selamat kepada anggota DPRD yang baru priode 2009-2014 oleh Bupati Mandailing Natal, para SKPD, undangan dan tamu lainnya. (Lokot Lubis).


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: